Ciao Italia- Catatan Petualangan Empat Musim

by - April 05, 2010

Jika ditanya tentang tema buku apa yang paling saya sukai (sayangnya ga ada yang nanya,^-^), saya pasti langsung menjawab TRAVEL. Yup! buku-buku tentang travel memiliki daya tarik tersendiri buat saya. Karena dengan membaca buku tentang travel, kita bisa mengetahui hal-hal baru yang kadang tidak terduga. Selain itu, juga membuat saya menyagari bahwa dunia ini luas dan indah. Buku bertema travel yang pernah saya baca diantaranya Arigatou, Nippon (karya Vivi Silvia), Travelers' Tale (kolaborasi 4 penulis yaitu Adhitya Mulya, Ninit Yunita, Alaya Setya, dan Iman Hidajat), Jilbab Traveler (Asma Nadia, dkk), dan Ciao Italia yang ditulis oleh Gama Harjono.
Bicara tentang Ciao Italia, dari judulnya saja kita sudah bisa tahu bahwa ceritanya pastilah tentang Italia. Ciao dalam bahasa Italia bisa berarti halo atau sampai jumpa. Saya membeli buku ini sekitar setahun yang lalu. Jadi ceritanya, saya dan seorang teman sedang jalan-jalan ke Gramedia. Waktu sampai di rak novel, saya menemukan buku ini. Harganya yang Rp 46.000 membuat saya berpikir agak lama untuk membelinya. Maklumlah, itu hampir setara dengan ongkos pulang pergi ke kampus selama 5 hari. Tapi berhubung waktu itu sedang libur semester, saya pun mengalami surplus uang bulanan. Akhirnya saya pun bisa membawa pulang buku ini dengan sukses.
Ciao Italia! bercerita tentang pengalaman penulis selama setahun tinggal di Italia untuk belajar bahasa Italia di Unistra di Perugia. Halaman demi halaman buku ini akan membawa kita menjelajahi berbagai tempat di Italia, mulai dari Roma yang dijuluki Eternal City, Perugia, Cinque Terre di Liguria,Cesena, Rimini, San Marino (negara mungil tetangga Italia), Naples, Venesia kota terapung, hingga kota mode Milan. Ada juga cerita mengenai potret kehidupan masyarakat Italia, mulai dari kegemaran orang Italia minum kopi, pesta keluarga Italia, makanan khas Italia seperti pizza dan pasta, pelayanan publik di Italia, acara TV, hingga pesta mahasiswa Eropa yang meriah. Buku setebal 287 halaman ini juga dilengkapi dengan berbagai tips untuk survive di Italia, foto-foto yang menarik (ada beberapa halaman yang berwarna), juga resep-resep masakan khas Italia. Yang jelas, ongkos PP 5 hari tadi tidak sia-sia lho, karena saya sudah baca buku ini berulang-ulang juga, ^-^

You May Also Like

0 komentar