Mengolah Sawi Hijau dan Telur

by - Maret 05, 2010


Sawi hijau biasa ditemui pada bakso, mie ayam, dan olahan mie lainnya. Selain sebagai pelengkap hidangan-hidangan tersebut, sawi hijau juga bisa diolah untuk melengkapi menu kita sehari-hari. Salah satunya adalah resep yang saya tuliskan di bawah ini. Tinggal tambahkan telur dan bumbu sederhana, jadilah sup sawi telur. Resep ini saya dapat dari orang yang bekerja di Malaysia. Konon ia terinspirasi membuatnya setelah mencicipi sebuah sajian di salah satu restoran di negeri jiran sana. Saya sendiri tidak tahu resep pastinya, hanya mereka-reka setelah mencicipi makanan ini. Tapi tenang saja, resep yang saya tuliskan ini sudah saya uji coba kok ^-^.


Bahan:
- Sawi hijau, dipotong sesuai selera
- Telur ayam, dikocok dengan garpu
- Bawang putih
- Garam
- Air
- Penyedap rasa
- Bawang goreng

Cara membuat:
- Rebus sawi hijau dalam air mendidih sampai matang, lalu tiriskan.
- Haluskan bawang putih dan garam, sisihkan.
- Rebus air hingga mendidih, lalu masukkan bawang putih yang sudah dihaluskan dan telur kocok sedikit demi sedikit.
- Setelah telur matang, masukkan sawi hijau yang sudah direbus tadi, lalu tambahkan penyedap rasa, angkat, taburi dengan bawang goreng.
- Sup sawi telur siap untuk disajikan.

Banyak orang tidak menyukai sawi hijau karena rasanya yang pahit. Saya diberitahu bahwa maksud dari merebus sawi di awal adalah untuk menghilangkan rasa pahit tersebut. Dan hasilnya benar lo, sawinya matang dan tidak pahit.

Selamat mencoba

You May Also Like

1 komentar