Manga Paling Berkesan

by - April 27, 2018

Waktu beres-beres tahun lalu, saya kan menyortir buku-buku dan memilih yang akan disimpan. Dari buku-buku yang akhirnya terpilih untuk disimpan, ternyata ada beberapa manga alias komik Jepang yang lolos seleksi dan hingga kini masih tampil di rak buku saya. Sebenernya saya punya komik ga banyak juga sih, lebih sering pijem di taman bacaan *biar hemat. Alasan beberapa komik tersebut masih disimpan ya karena mereka termasuk kategori "spark joy" #pahamkonmari. Dan kesemuanya adalah shoujo manga atau komik cewek, dan kebanyakan dibeli waktu saya sekolah dulu. Sebenernya dulu saya sempet ngikutin komik yang lain semacem Naruto, Bleach, dan Shanaou Yoshitsune juga. Bacanya juga pinjem ke taman bacaan sih ga beli. Tapi ga ngikutin sampe tamat soalnya ceritanya panjang kan keburu males. Kalo komik cewek kan volumenya relatif lebih sedikit tuh, jadi lebih enak aja diikutinnya. Nah berikut beberapa manga yang "spark joy" tersebut:

1. Delicious!


Ini komik udah lama banget yah. Delicious! merupakan komik dengan tema memasak karya Yui Ayumi dan Miyuki Kobayashi yang terdiri dari 7 volume. Di Jepang, komik ini terbit dari tahun 1996 sampai tahun 1999. Di Indonesia, komik Delicious! pertama kali diterbitkan oleh Elex Media Komputindo pada tahun 2001. Saya bacanya tahun 2003 sih. Saya belinya yang volume 1 sama volume 3 aja (tapi yang volume 1 ilang ga tau kemana), sisanya ya pinjem dari taman bacaan deket sekolah.


Delicious! bercerita tentang seorang gadis bernama Ringo Nonohara, yang bercita-cita menjadi artis terkenal. Ringo pun mengikuti audisi untuk menjadi pembawa acara memasak di TV berjudul "Delicious Time", padahal ia tidak bisa memasak sama sekali. Dengan bantuan dari teman masa kecilnya yang pandai memasak, Kazuomi Tsutsui, Ringo pun berhasil menjadi pembawa acara memasak bersama artis idolanya, Mahito Ishizaki. Komik ini menceritakan perjuangan Ringo yang tidak bisa memasak namun harus membawakan acara memasak di TV. Sepanjang cerita, Ringo banyak dibantu oleh Kazuomi yang emang jago masak.

Saya suka sama komik ini soalnya cerita dan gambarnya sederhana tapi cute aja gitu. Di dalam komik ini juga ada resep-resep yang bisa dipraktekkan oleh pembaca. Dulu saya pernah coba bikin beberapa resepnya, dan kebanyakan hasilnya tidak sesuai ekspektasi lol. Entah saya yang ga bener ngikutin resepnya atau emang resepnya ga sesusai selera aja. Yang saya inget, dulu pernah cobain bikin omelet rice, terus ngerasa kayak rada hambar aja gitu karena dominan rasa saos tomat. Maklumlah kebiasaan makan nasi goreng Indonesia yang bumbunya banyak itu :)

2. Imadoki!


Ini dia komik yang dulu happening banget di sekolah saya. Imadoki! merupakan karya Watase Yuu yang diterbitkan di Indonesia oleh m&c sekitar tahun 2002-2003. Komik ini bercerita tentang Yamazaki Tanpopo, seorang gadis sederhana yang berasal dari Hokkaido. Tanpopo tinggal di Hokkaido bersama kakek dan neneknya. Tanpopo kemudian pindah bersama rubah peliharaannya, Poplar, ke Tokyo untuk bersekolah di Meio School, sekolah elit yang kebanyakan murid-muridnya adalah anak orang kaya. Tentu saja tidak mudah bagi Tanpopo untuk bergaul dengan anak-anak orang kaya di sekolah tersebut. Namun karena keceriaan dan kebaikan hatinya, Tanpopo pun akhirnya bisa berteman dengan Kugyou Kouki, anak pemilik Meio School yang dingin tapi ternyata menyukai bunga; Saionji Tsukiko, gadis kaya yang matre dan awalnya hanya pura-pura berteman dengan Tanpopo namun akhirnya menjadi teman beneran; Kyougoku Aoi, cowok maniak komputer yang rada phsyco; dan Uchimura Arisa, cewek yang suka berdandan ala ganguro (kulit hitam dan make up tebal). Disini juga ada cerita romance antara Tanpopo dan Kouki, namun kisah mereka tidak berjalan mulus karena Kouki sudah memiliki tunangan yang bernama Yanahara Erika (dia ini menyebalkan banget...hahah..). Erika sendiri awalnya adalah tunangan kakak Kouki yang bernama Kugyou Youji, yang kabur dari rumah karena terbebani dengan statusnya sebagai pewaris keluarga.

Imadoki! terdiri dari 5 volume. Saya cuma punya 2 volume awal komik ini,  volume 3-5 nya pinjem dari temen yang ngoleksi lengkap. Komik ini berkesan buat saya soalnya dulu tuh beneran happening banget di sekolah saya (ga tau ya kalo di sekolah lain). Kayaknya hampir semua cewek di sekolah baca gitu...hahaha... Saya juga suka sama ceritanya yang cocok buat remaja anak sekolahan. Meskipun udah ga remaja tapi aku masih suka sih :)

3. Gals!


Saya tahu komik ini karena baca reviewnya di majalah Animonster sekitar tahun 2004. Karena kelihatannya menarik, jadilah saya nyari ke Gramedia dan beli volume 1 nya. Ternyata seru juga, ceritanya cewek banget tapi ada lucu-lucunya juga, berhubung tokoh utama dalam serial ini rada nyentrik. Gals! bercerita tentang kehidupan sehari-hari seorang siswi SMA bernama Kotobuki Ran, yang adalah kogal (cewek gaul) di kawasan Shibuya. Ran terlahir dari keluarga polisi. Ayah, Ibu, dan kakaknya, Yamato berprofesi sebagai polisi. Adik Ran yang bernama Sayo pun bercita-cita menjadi polisi. Orang tua Ran ingin agar Ran mengikuti jejak mereka sebagai polisi juga. Tapi Ran sepertinya tidak ada minat menjadi polisi. Ran memiliki sahabat dekat yang bernama Yamazaki Miyu dan Hoshino Aya. Miyu dulunya urakan dan pemimpin geng, namun ia berubah setelah mengenal Yamato, kakak Ran, dan akhirnya bersahabat dengan Ran. Aya sendiri adalah anak yang pintar dan pemalu, yang menyukai cowok populer dari SMA Meishou, Otohata Rei.

Meskipun Ran ini kelihatannya keras kepala, pemberontak, dan banyak main, tapi sebenarnya ia sangat peduli dengan teman-temannya dan memiliki rasa keadilan yang tinggi (barangkali karena keluarganya polisi semua). Gals! merupakan karya Mihona Fujii yang terdiri dari 10 volume. Saya cuma beli volume 1 sama volume 10 aja, sisanya pinjem di taman bacaan. Saya suka komik ini karena atmosfirnya ceria, baju-bajunya Ran kan suka heboh gitu, terus kelakuan Ran juga suka ajaib, yang bikin komik ini jadi menghibur. Gals! juga diangkat menjadi anime, yang dulu pernah ditayangkan di Global TV.

4. Hanamaru's Kitchen


Ketiga komik di atas terdiri dari beberapa volume. Kalau Hanamaru's Kitchen ini hanya terdiri dari 1 volume saja alias langsung tamat. Komik ini diterbitkan oleh m&c pada tahun 2005 yang lalu. Seperti judulnya, komik ini adalah komik dengan tema memasak. Ceritanya tentang seorang siswi SMP bernama Mizusawa Hana, yang mengikuti kontes memasak Sasaki Aiko, seorang kritukus makanan terkenal. Kontes memasak tahun ini diadakan berpasangan, dan Hana berpasangan dengan Yuuki Kazuya, yang juga teman sekolahnya. Berbeda dengan Kazuya yang pandai memasak, Hana hanya punya satu keahlian, yaitu mengupas apel. Biarpun begitu, Hana banyak memberi ide-ide bagus selama kontes masak berlangsung.


Seperti komik Delicious!, dalam Hanamaru's Kitchen juga ada resep-resep masakan yang bisa dicoba oleh pembaca. Resep-resepnya terdapat di halaman depan dan berwarna, gambarnya juga bagus. Niat banget pokoknya, ada resep Shoufle Omelet, Spaghetti Cold Salad, Carrot Potage, Mousse, Sushi, Bread Tart, dan Cookies.

You May Also Like

0 komentar