Nostalgia Sinetron Mania

by - Mei 10, 2014

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, sinetron merupakan istilah yang dipakai di Indonesia untuk menyebut drama seri televisi atau opera sabun. Berhubung kualitas sinetron Indonesia makin kesini makin gajebo, so bisa dibilang menjadi orang yang suka nonton sinetron itu agak-agak berasa aib gimanaa gitu...hehe... Dulu saya termasuk yang suka nonton sinetron, malah temen-temen saya suka ngeledek gara-gara itu. Tapi ya sudahlah mau gimana lagi, biar norak juga kalo suka mah akui sajalah...wkwkwk...

Tapi maklum aja lah ya, soalnya beberapa tahun ke belakang kan belum kenal situs-situs semacam In**w*****r, dra**cr**zy, dan paket internet murah, alias hiburan ya masih terbatas nonton tv, denger radio (sambil request lagu plus kirim-kirim salam), ditambah baca komik hasil pinjem dari rental. Kalo sekarang sih saya udah jarang nonton sinetron, paling sekali-kali aja lah...hehe... Nah berikut ini beberapa judul sinetron yang dulu suka saya tonton, hitung-hitung bernostalgia....

Siapa Takut Jatuh Cinta
Sinetron ini tayang di SCTV waktu saya SMP dulu. Promonya termasuk heboh sih pas mau tayang. Ternyata sinetron ini ceritanya sama dengan drama Taiwan "Meteor Garden" yang bercerita tentang F4, yaitu sekelompok cowok kaya dan populer di sebuah kampus elit dan gadis miskin bernama Sanchai. Sinetron Siapa Takut Jatuh Cinta dibintangi oleh mantan personel Trio Kwek Kwek, Leony sebagai pemeran utama wanita, dan F4 nya diperankan oleh Indra L. Brugman, Roger Danuarta, Jonathan Frizzy, dan Steve Emanuel. Dulu temen-temen saya di sekolah juga pada suka nonton sinetron ini, soalnya pemeran cowoknya memang enak dilihat..hehe.. Soundtrack nya adalah lagu Sheila on 7 yang berjudul Seberapa Pantas. Di awal cerita, emang sinetron ini persis banget Meteor Garden, tapi barangkali karena menuai banyak kritikan, ceritanya berubah dan malah jadi ga jelas. Di opening dan endingnya, ada Fla, personil grup vokal Tofu, yang nyeritain ringkasan cerita sinetronnya, semacam mc gitu lah. Karena sinetron  ini, saya jadi penasaran sama drama Meteor Garden yang juga lagi tayang di Indosiar dan akhirnya nonton juga drama itu walaupun tayangnya jam 10 malem. Dulu kayaknya jam 10 itu udah malem banget, padahal sekarang mah kalo tidur jam segitu udah termasuk cepet. Malah kadang saya tidur dulu trus jam weker di setel biar bisa bangun jam 10...hehe...

Liontin
Sinetron ini dibintangi oleh Nana Mirdad dan Naysilla Mirdad yang berperan sebagai kakak beradik yang terpisah waktu kecil. Satu-satunya benda yang menjadi petunjuk adalah liontin peninggalan orang tua mereka. Sinetron Liontin ini sepertinya yang memulai trend sinetron stripping atau tayang tiap hari. Waktu itu kan kebanyakan sinetron tayang seminggu sekali. Awalnya penasaran aja sih karena sering liat iklannya, akhirnya nonton juga. Tapi lama-lama saya jadi males nontonnya karena ceritanya makin aneh dan muter-muter ga jelas.

Cincin
Judulnya asli ga kreatif. Tapi ini sinetron seru lo, secara menyadur drama Korea...hoho pantesan... Kayaknya judul ini dipilih karena kesuksesan sinetron Liontin yang sama-sama tayang di RCTI. Menurut Wikipedia, jumlah episodenya ada 160. Tayangnya pun satu hari satu episode aja, ga kayak sinetron RCTI sekarang yang sehari bisa tayang sampe 3 episode dan jumlah episodenya sampe di atas 500. Dulu saya rajin nungguin sinetron ini tayang tiap jam 9 malem, dan ternyata temen-temen saya pun banyak yang suka nonton ini sinetron...hoho...bukan saya doang ternyata.

Sinetron Cincin dibintangi oleh Ririn Dwi Ariyanti, Chelsea Olivia, Dude Harlino, dan Baim Wong. Ceritanya sebenernya biasa aja sih, tentang Airin (Ririn Dwi Ariyanti) yang waktu kecil ditinggal sama ibunya di panti asuhan dan dikasih sebuah cincin sama sang ibu. Trus Airin ketemu sama Sasta (Chelsea Olivia) di panti asuhan itu, dan mereka jadi deket kayak kakak adik. Pas udah dewasa, Airin pergi ke Jakarta dan ngasih cincin dari ibunya ke Sasta. Di Jakarta, Airin kerja di toko kaset. Nah bosnya Airin namanya Pak Levi (Dude Harlino) yang suka sama Airin. Levi ini punya saudara tiri yang bernama Jonah (Baim Wong) yang juga suka sama Airin. Lalu, Sasta nyusulin Airin ke Jakarta tapi ga ketemu karena Airin kecelakaan waktu mau jemput Sasta di terminal. Kesalahpahaman pun terjadi yang membuat si Sasta marah sama Airin. Trus Sasta ketemu dan suka sama Jonah. Pokoknya intinya cerita cinta segi empat gitulah, yang ditambah rumit dengan konflik masa lalu keluarga mereka. Dan yang bikin seru adalah ceritanya Airin dan Levi. Levi ini ceritanya dingin dan jutek gitu deh, tapi dia suka sama Airin yang baik hati dan lembut (tipikal protagonis di sinetron emang). Airin nya juga suka tuh sama Levi, dan kalo mereka lagi bareng, bikin seneng yang nonton...hoho... Nah hubungan Airin sama Levi ini tentu aja ga berjalan mulus, banyak masalah pokoknya. Mereka sempet kalo ga salah 2 kali gagal nikah (ini serius bikin kesel yang nonton secara itu gagalnya gara-gara Levi semua). Tapi akhirnya mereka jadi nikah juga, penonton pun keprok keprok. Soundtrack sinetron ini adalah lagunya Iwan Fals yang berjudul Izinkan Aku Menyayangimu.

Kalo kata saya, yang bikin sinetron ini lebih baik dari sinetron sekarang adalah tokohnya ga lebay. Iya sih Airin emang diceritain baik banget, tapi dia juga ga diceritain tertindas oleh ibu tiri yang jahat, dll. Trus seinget saya ga ada tokoh yang jahatnya ala-ala Mischa di Cinta Fitri yang bikin penonton pengen ngelempar karena jahatnya udah ga masuk akal (ketauan saya juga nonton Cinta Fitri...hehe...). Waktu sinetron ini tamat, kayaknya kehilangan gitu ga ada yang ditungguin lagi tiap malem XD , tapi ya bagusan ditamatin aja sih, soalnya pas akhir-akhir itu ceritanya emang udah mulai ngebosenin, daripada jadi ga jelas.

Intan
Saya nonton sinetron ini karena ada Dude Harlino nya (efek sinetron Cincin). Ceritanya tentang Intan (Naysila Mirdad), yang hamil dan menikah di usia muda. Sebelum Intan melahirkan, suaminya (Glenn Alinskie) meninggal dan Intan pun harus bertahan sendirian di rumah mertuanya yang pada awalnya tidak menerima kehadiran Intan. Tapi lama-lama mereka bisa dekat dan menganggap Intan seperti anak sendiri. Trus Intan juga diceritain suka sama Rado (Dude Harlino). Saya suka sih kalo nonton Intan lagi sama mertua dan kakak iparnya, juga sama anaknya yang lucu (sekarang udah gede kali ya yang jadi anaknya itu). Banyak kehebohan di rumahnya yang lucu soalnya, gara-gara Intan yang polos trus ibu mertuanya (Meriam Bellina) yang judes tapi sayang sama Intan dan cucunya. Intan juga diceritain punya cita-cita jadi penata rambut, malah dia sempet ngewarnain rambut anaknya yang masih balita itu pake warna merah (iya sih si Intan polos tapi ga gitu-gitu amat juga kali....hehe...). Tapi makin lama, ceritanya jadi ga jelas yang bikin saya jadi males nonton lagi.

Melati untuk Marvel
Biasanya, tokoh utama pria di sinetron itu diceritain cool, pake baju rapi, dan sebagainya. Sedangkan tokoh utama sinetron ini, Marvel (Rezky Aditya), adalah cowok slengean tapi baik dan sayang sama ibunya. Marvel ini ketemu sama Melati (Chelsea Olivia), seorang cewek yang bisa dibilang perfect, udah cantik, pinter, karirnya bagus pula. Melati akhirnya jadi atasan Marvel di perusahaan milik ayah tiri Marvel. Ya bisa ditebak mereka saling suka, tapi sama-sama gengsi, jadinya lucu deh...hehe... Apalagi Melati udah punya pacar yang tampaknya bermasa depan cerah dan sifatnya merupakan kebalikan dari Marvel. Soundtrack sinetron ini adalah lagunya ST12 yang waktu itu lagi happening berjudul P.U.S.P.A. Lirik lagunya emang cocok sih sama cerita sinetronnya. Dan seperti sinetron kebanyakan, lama-lama ceritanya jadi ga jelas dan muter-muter dan saya jadi ga nonton lagi deh.

Nah, sekian dulu nostalgia sinetronnya. Panjang juga yah... ^_^

You May Also Like

0 komentar