Eksperimen Soba Tempura & Okonomiyaki Abal-abal

by - Mei 01, 2014

Udah lama saya pengen nyobain soba kayak yang suka dimakan Aya Ueto di dorama Attention Please..hehe..tampak enak aja gitu keliatannya, apalagi Misaki (Aya Ueto) kalo makan soba di tempat bapaknya Yayoi (Aibu Saki) itu semangat banget, bikin yang nonton jadi pengen nyobain juga tuh.


Nah akhirnya kesampean juga saya nyobain makan soba. Ya tentu aja soba nya juga soba instan..hehe..
Soba ini dibeli di Yogya Riau Junction, Bandung. Harganya sekitar Rp. 22.000 satu bungkusnya. Soba nya bukan yang kering, tapi soba basah yang di press terus disimpan di lemari pendingin. Satu bungkus soba ini juga udah termasuk saus pelengkapnya.


Menurut petunjuk di kemasannya, soba ini dimasak selama 2 menit dalam air mendidih. Tapi saya masaknya lebih dari 2 menit sih rasanya. Soalnya sobanya ini lengket banget, jadi udah dimasak di air mendidih juga tetep aja pada nempel. Dan hasilnya si soba pun jadi agak-agak lembek...hoho...
Sebagai pelengkapnya, saya bikin tempura udang, terinspirasi dari yang suka dimakan Misaki..hehe... Setelah cari-cari resep, akhirnya saya pake resep tempura udang dari website Royco . Ternyata bahannya ga banyak. Bumbunya pun hanya garam aja. Baru tau kalo ternyata adonan tepungnya selain harus dingin juga ga boleh kebanyakan diaduk. Dan inilah penampakan soba tempura tersebut


Terus gimana dengan rasanya? Buat saya yang terbiasa makan Indomie, mie kocok, mie ayam, mie jawa dan mie bakso ini, soba ini rasanya aneh...hehe... Secara mie yang saya sebutin tadi bumbunya banyak, ya tentu aja makan soba pake kecap asin gini agak-agak berasa hambar gimana gitu...hehe... Tapi cukup puas sih sama tempuranya  ^_^

Berhubung tepung adonan tempura tadi masih sisa, saya cobalah bikin okonomiyaki. Bermodal nonton Cooking with dog di Youtube, saya bikinlah okonomiyaki pake bahan seadanya, soalnya saya ga punya saus okonomiyaki, katsuobushi, dll. Masaknya pun ga pake takaran, yah feeling aja pokoknya. Ini dia bahan-bahan untuk bikin okonomiyaki abal-abal tersebut:
      - Kol, diiris tipis
      - Sisa adonan tepung tempura (atau pake campuran tepung terigu dan air aja juga bisa kok)
      - Garam
      - Smoked beef (daging asap), dipotong menjadi beberapa bagian
      - Telur
      - Saus tomat
      - Mayonaise
      - Daun bawang, diiris tipis
      - Minyak goreng

Cara membuat :
    - Campur irisan kol dengan adonan tepung tempura, tambahkan garam, aduk hingga rata. Berhubung kecap asin dari soba tadi masih ada, saya tambahin juga kecap asinnya ke dalam adonan ini.
   - Panaskan minyak di wajan datar, masak adonan kol seperti dadar, tunggu sebentar.
   - Tambahkan smoked beef di atas dadar tersebut
   - Pecahkan telur di atas dadar, tunggu sebentar.
   - Balik adonan dadar, masak sampai matang. Hati-hati saat membalik agar dadar tetap utuh bentuknya.
   - Angkat, sajikan dengan saus tomat, mayonaise, dan irisan daun bawang.


Rasanya ternyata enak lo, padahal ngasal bikinnya...hehe... kira-kira seperti gabungan omelet dan bala-bala gitu lah  ^_^

You May Also Like

0 komentar