Seigi no Mikata

by - Desember 16, 2012


Bagaimana rasanya punya kakak perempuan yang cantik, pintar, populer, dan punya pekerjaan yang bagus? Menyenangkan? Tapi mungkin Nakata Youko (Shida Mirai) tidak akan menjawab begitu. Sedari kecil, Youko selalu "ditindas" oleh kakaknya, Nakata Makiko (Yamada Yu). Orang-orang selalu mengagumi Makiko yang cantik, pintar, dan bekerja di kantor pemerintahan. Hanya Youko yang tahu sifat asli Makiko yang egois dan selalu menyuruhnya (lebih tepatnya memaksa ^^) melakukan keinginannya. Bahkan Makiko memanggilnya dengan "Kumako" (beruang).


Namun anehnya, kelakuan Makiko yang egois dan blak-blakan ini seringkali membawa kebaikan bagi orang-orang disekitarnya, sehingga orang-orang menyebutnya sebagai "Seigi no Mikata" (Ally of Justice). Misalnya ketika Makiko membuat Kusunoki-kun, cowok yang baru pacaran dengan Youko selama 3 hari, menjadi ilfeel pada Youko dan memutuskan hubungan mereka. Ternyata, Kusunoki-kun memang bukan cowok baik-baik, sehingga secara tidak langsung Makiko telah menyelamatkan adiknya itu. Lalu, ketika Makiko menyuruh Youko untuk membeli bento yang dijual terbatas di supermarket. Dengan susah payah, akhirnya Youko bisa mendapatkan bento itu. Dalam perjalanan pulang, Youko merasa ada orang yang mengikutinya. Dan orang tersebut memang bermaksud mencelakai Youko. Untung saja Makiko segera datang untuk menyelamatkan Youko (lebih tepatnya untuk menyelamatkan bento yang dibawa Youko ^^). Ternyata, pria yang mengikuti Youko itu adalah penjahat yang sedang dicari-cari. Karena itulah Makiko mendapat penghargaan karena berhasil menangkap penjahat itu. Kejadian serupa sering terjadi, sehingga reputasi Makiko sebagai "Seigi no Mikata" terus meningkat.



Lalu, apa yang terjadi jika Oneechan nya Youko ini sedang jatuh cinta? Tentu saja ia akan memanfaatkan Youko untuk mendapatkan cowok incarannya. Sewaktu Youko SMP, sang kakak menyukai pelatih tenis di sekolahnya, sehingga ia menyuruh Youko ikut klub tenis. Selain itu, ia juga pernah tertarik pada pelatih sumo sehingga Youko pun ikut klub sumo.



Nah, kali ini, Makiko mengincar seorang cowok high quality bernama Yoshikawa Naoki (Mukai Osamu). Naoki adalah pegawai di kantor Makiko yang merupakan lulusan dari Universitas Tokyo.


Makiko pun menyuruh adiknya untuk mencari segala informasi tentang Naoki. Dan Youko, yang seperti biasanya tidak berdaya untuk menolak perintah kakaknya ini, segera beraksi mengikuti Naoki kemana-mana, ke kantor, ke apartemen, bahkan Youko menyelidiki kotak surat dan tempat sampah di apartemen Naoki.


Pada awalnya, Youko merasa tidak rela bila cowok sebaik Naoki menjadi incaran kakaknya yang memiliki banyak sifat aneh itu. Tapi ia berpikir bila Makiko menikah dan keluar dari rumah, ia bisa terbebas dari penderitaannya selama ini. Youko pun melakukan berbagai cara untuk mendekatkan Makiko dengan Naoki, dari mulai mencari tiket konser musik klasik agar kakaknya bisa mendapatkan tempat duduk di sebelah Naoki, menyuruh Makiko mendatangi pameran foto, sampai mengikuti Naoki ke pantai.



Rencana-rencana Youko ini sering berakhir dengan kegagalan. Pertama, sang kakak ketiduran di konser musik klasik itu, kemudian di pameran foto, sepatu Makiko yang bermerk dan mahal, terinjak oleh seorang pengunjung. Dan ternyata, tujuan Naoki ke pantai bukan untuk berwisata, melainkan dalam rangka kampanye pembersihan sampah di pantai. Tapi, Makiko memang selalu beruntung. Semua kejadian itu justru membuatnya bisa jadian dengan Naoki. Dan akhirnya, setelah sempat tarik ulur, mereka pun menikah.


Tapi ternyata, setelah menikah pun, Makiko tetap menyuruh Youko melakukan hal-hal yang seharusnya ia kerjakan sendiri sebagai istri, seperti membersihkan rumah, belanja kebutuhan rumah tangga, memasak, hingga meminta Youko menemaninya bertemu dengan mertuanya.



Masalah semakin rumit ketika ibu mertua Makiko mulai mengetahui ada yang tidak beres dengan Makiko. Sang ibu mertua berusaha untuk membongkar sifat asli Makiko, bahkan ia menyuap Youko dengan sejumlah uang agar Youko mau bekerja sama dengannya. Hal ini tentu saja membuat Youko bingung (sekaligus senang karena ia belum pernah mendapat uang saku sebanyak itu ^^). Konflik ibu mertua dan menantu ini semakin parah dan mengancam kelangsungan rumah tangga Makiko dan Naoki. Lagi-lagi Youko terkena imbasnya karena ia tidak mau Makiko sampai bercerai dan kembali ke rumah.


Tapi, karena "penderitaan" yang dialami Youko itu, ia jadi bisa dekat dengan cowok paling populer di sekolahnya, Okamoto Riku (Hongo Kanata). Berawal dari Riku yang meminjam buku geografi Youko yang ditulisi "kumako" oleh Makiko, Riku memanggil Youko dengan "kumako".


Pertemuan mereka berlanjut ketika Riku memergoki Youko sedang membuntuti Naoki di apartemennya. Ternyata, Riku tinggal di apartemen yang sama dengan Naoki. Dari situlah Riku mengetahui bahwa Youko sering disuruh-suruh oleh kakaknya.




Riku sering membantu Youko dalam menjalankan misi-misi dari Makiko, seperti mendapatkan DVD edisi terbatas dari artis idola, mencari daging ayam di malam hari, sampai membantu Youko memasak untuk kakak iparnya. Riku tertarik dengan Youko yang walaupun ditindas oleh kakaknya, namun ia selalu melaksanaan permintaan sang oneechan dengan sepenuh hati. Namun sayangnya, karena terlalu sibuk dengan urusan oneechan nya, Youko tidak menyadari perasaannya pada Riku. Lalu, bagaimana kelanjutan hubungan mereka? Dan, bisakah Youko mendapatkan kebebasan yang diharapkannya?




Seigi no Mikata diangkat dari manga berjudul sama karya Hijiri Chiaki. Dorama sepanjang 10 episode ini ditayangkan di stasiun NTV Jepang dari 9 Juli 2008 sampai dengan 10 September 2008. Melalui drama ini, Shida Mirai dan Yamada Yu mendapatkan penghargaan sebagai Best Actress dan Best Supporting Actress dalam 58th Drama Academy Awards. So, buat yang belum nonton, silahkan ditonton dramanya, ceritanya lucu dan menghibur kok. Buat yang udah nonton, silahkan ditonton lagi ^^

You May Also Like

0 komentar