Fidel Castro Melawan

by - Desember 10, 2009

Sebenernya, saya kurang begitu tertarik dengan buku-buku politik, alasannya :BERAT (bukan karena kertasnya terbuat dari batu atau besi pastinya), tapi karena saat membacanya, kita harus berpikir lebih dibanding kalo baca buku populer.
Pertama kali liat buku ini, waktu saya lagi iseng jalan2 ke Gunung Agung, trus tertarik karena baca sinopsisnya. Di sinopsis itu ditulis bahwa Fidel Castro, sang pemimpin Kuba, telah beberapa kali mengalami percobaan pembunuhan, dari mulai memberi racun dan bahan peledak pada cerutu yang biasa ia hisap, memberi dosis kematian LSD, memasukkan sianida pada susu coklatnya, memberi infeksi tuberkulosis di pakaiannya, sampai memberi obat perontok rambut dan jenggot agar wibawa dan karismanya merosot. Bagian itulah yang membuat saya "nyirian" atau bahasa indonesianya menandai buku itu untuk dibeli lain waktu, ketika kantong sudah mengalami penebalan tentunya.
Akhirnya, beberapa waktu kemudian, saya kembali ke Gunung Agung untuk membeli buku tersebut.
Buku ini berjudul Fidel Castro Melawan, ditulis oleh Imam Hidayah Usman, harganya 29.000 Rupiah. Buku ini tipis, tapi cukup lengkap untuk mengungkap beberapa sisi seorang Fidel Castro.
Dalam buku ini, diceritakan tentang masa kecil Fidel Castro, masa sekolah, serta masa dimana ia menimba ilmu di Universitas Havana. Diceritakan juga tentang keterlibatannya dalam pemberontakan, hingga ia pergi ke Meksiko dan bertemu dengan Che Guevara, yang membantunya untuk menggulingkan pemerintahan Fulgencio Batista, dam masih banyak lagi yang lainnya.
Menurut saya, walaupun bertema politik, buku ini enak untuk dibaca. Saya sendiri lumayan cepat menyelesaikannya. Setelah membaca buku ini, kita dapat lebih mengetahui tentang kepribadian Fidel Castro, maupun kiprahnya selama puluhan tahun memimpin rakyat Kuba.

You May Also Like

2 komentar