Hidup Sederhana

by - November 19, 2016


Hidup Sederhana adalah sebuah buku yang ditulis oleh Desi Anwar. Buku ini berisi pemikiran-pemikiran Desi Anwar mengenai hal-hal sederhana yang ada di sekitar kita. Pemikiran-pemikiran tersebut dihimpun berdasarkan pengalaman penulis sejak kecil hingga sekarang. Buku ini terdiri dari sekitar 50 sub bab dimana setiap bab nya membahas topik yang berbeda. Kalau diperhatihan, background pada sampul bukunya adalah judul-judul dari sub bab tersebut.


Secara garis besar, Hidup Sederhana mengingatkan pembaca akan hal-hal yang tampak sederhana dan sering terjadi di sekitar kita, namun sering terlupakan. Padahal, seringkali hal-hal sederhana tersebut justru dapat mendatangkan kebahagiaan tersendiri. Intinya, buku ini mengajak pembaca untuk tidak membuat hidup menjadi rumit dan lebih menghargai hal-hal kecil di sekitar kita, seperti menikmati berjalan kaki, menyemangati diri, berkebun, membaca, menyendiri, dan lainnya. Sub bab dalam buku ini relatif pendek, sehingga tidak membosankan untuk dibaca. Buku ini juga memuat foto-foto yang diambil Desi Anwar ketika berkunjung ke berbagai negara di dunia, dari mulai Indonesia, Eropa, sampai Amerika Selatan. Fotonya keren-keren lho, bikin pengen jalan-jalan pokoknya.

Hidup Sederhana juga diterbitkan dalam Bahasa Inggris dengan judul "A Simple Life". Menurut saya buku ini bagus, enak dibaca, dan isinya tidak menggurui dan tidak teoritis sehingga pesan-pesannya sampai dengan baik ke pembaca. Saya rasa itu karena memang buku ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi penulis. Saya sendiri suka membaca kembali bagian-bagian tertentu dari buku ini, untuk mengingat kembali pesan-pesannya.

"Membaca itu kegiatan soliter tetapi sekaligus jauh dari kesepian. Kegiatan sederhana yang membuka pikiran kita ke kompleksitas dan kemungkinan yang tak terbatas; suatu keheningan yang membawa kita ke perjalanan-perjalanan di luar yang dapat kita bayangkan"
- Desi Anwar dalam Hidup Sederhana-

You May Also Like

0 komentar