Soratobu Kouhoushitsu

by - Juli 20, 2013

 
Soratobu Kouhoushitsu bercerita tentang Inaba Rika (Aragaki Yui), seorang director di Teito TV. Impiannya sejak kecil adalah menjadi reporter berita TV. Inaba akhirnya dapat menjadi seorang reporter, namun karena ia membuat masalah saat meliput berita, ia pun dipindahkan ke bagian acara variety dan menjadi director untuk acara street corner gourmet. Suatu saat, Inaba ditugaskan oleh atasannya, Akutsu Mamoru (Namase Katsuhisa) untuk meliput Japan Self Air Defense Force (JASDF).


Akhirnya, ia pun pergi ke bagian Public Relations JASDF untuk membicarakan lebih lanjut tentang program TV tersebut. Disana, Inaba bertemu dengan kepala bagian Public Relations yang bernama Sagisaka Masashi (Shibata Kyouhei), yang kemudian memperkenalkannya kepada Sorai Daisuke (Ayano Go), yang ditunjuk sebagai penanggung jawab program TV tersebut sekaligus contact person untuk Inaba.


Mereka pun berdiskusi tentang topik yang bisa diangkat untuk program TV ini, dan Sorai mengusulkan tema fighter pilot. Namun, Inaba menolak usul tersebut dengan alasan bahwa pesawat tempur adalah mesin yang digunakan untuk membunuh orang, sehingga fighter pilot yang menjalankan pesawat tersebut dapat dikatakan memiliki tujuan membunuh juga. Mendengar hal tersebut, Sorai menjadi marah dan membentak Inaba. 


Akhirnya, Inaba mengetahui bahwa Sorai adalah mantan fighter pilot. Impiannya sejak kecil adalah menjadi pilot dan menerbangkan pesawat Blue Impulse (pesawat akrobatik milik JASDF). Saat impiannya hampir tercapai, Sorai mengalami kecelakaan yang berakibat fatal pada kakinya sehingga ia tidak dapat menjadi pilot lagi. Sejak itu, ia dipindahkan ke bagian Public Relation. Namun, Sorai selalu bermimpi buruk dan menjadi tidak bersemangat menjalani hidupnya.


Kehidupan Sorai mulai berubah saat ia membantu proses shooting sebuah dorama yang diproduksi oleh Teito TV, tempat Inaba bekerja. Dorama tersebut menceritakan tentang seorang reporter yang terdampar dan ditolong oleh helicopter milik JASDF. Saat itu, kru dorama lupa membawa helm yang digunakan sebagai properti shooting, padahal shooting harus sudah dilakukan sebelum matahari terbenam, yang tinggal sebentar lagi. Sorai teringat bahwa mereka memiliki helm yang sama persis dengan yang dibutuhkan, dan langsung berlari mengambil helm tersebut, sehingga shooting bisa berjalan sesuai rencana dan helicopter JASDF dapat muncul dalam dorama populer itu selama 3 menit.


Chief Sagisaka mengatakan bahwa biaya iklan dengan kondisi tersebut dapat mencapai 200 juta Yen, sehingga Sorai yang berlari membawa properti helm tersebut telah berkontribusi untuk JASDF. Sejak itulah Sorai memutuskan untuk menjalankan pekerjaannya di bagian Public Relation dengan sebaik mungkin. Sebagai langkah awal, ia menghubungi Inaba dan memberitahu bahwa ia akan bekerjasama dengan baik untuk membuat program TV tentang JASDF. 


Belakangan, Sorai mengetahui insiden yang menyebabkan Inaba kehilangan pekerjaannya sebagai reporter. Inaba belum bisa menerima hal tersebut dan masih berharap dapat kembali menjadi reporter yang merupakan impiannya sejak dulu, sehingga ia tidak menjalankan tugasnya sebagai director untuk acara city corner gourmet dengan baik. Kali ini, acara city corner gourmet meliput restoran yang menyediakan spaghetti napolitana. Menu tersebut sangat populer, namun Inaba tidak mengerti apa yang membuat restoran sederhana itu istimewa, karena menurutnya spaghetti itu seperti spaghetti napolitana biasa. Tanpa mencicipi makanan tersebut, Inaba pun membuat konten acara city corner gourmet seadanya.


Akhirnya, dari Sorai yang bercerita bahwa ia telah makan di restoran itu, Inaba mengetahui bahwa rasa spaghetti napolitana itu lebih manis dari spaghetti pada umumnya, sehingga bisa dinikmati oleh semua anggota keluarga, terutama anak-anak, dan rasa manis itulah yang merupakan keistimewaan restoran tersebut. Dengan diantar oleh Sorai, Inaba pergi kembali ke restoran itu dan mencicipi spaghetti napolitana yang terkenal, dan ia pun menyadari bahwa masih banyak hal-hal yang tidak dimengertinya dan merasa tidak layak menjadi reporter. Untunglah disaat acara city corner gourmet hampir ditayangkan, Inaba bisa memperbaiki konten acaranya.


Dan, seperti Sorai, Inaba pun memutuskan akan menjalankan pekerjaan yang ada di depannya saat ini dengan baik. Agar dapat membuat program yang baik tentang JASDF, Inaba berusaha mengenal para staf bagian Public Relation lainnya, seperti Katayama Kazunori (Kaname Jun), yang sedang berusaha menemukan pasangan hidup, Yuzuki Noriko (Mizuno Miki), satu-satunya perempuan dalam bagian tersebut, Maki Hiromi (Takahashi Tsutomu), yang memiliki pacar misterius, Higa Tetsuhiro (Muro Tsuyoshi), yang baik hati, dan tentu saja chief Sagisaka yang senang bercanda tapi sangat dihormati oleh bawahannya dan memanggil Inaba dengan "Inapyon". Selain itu, Inaba juga dibantu oleh Fujieda Toshio (Kiriyama Ren), rekan kerjanya di Teito TV.


Bagaimanakah perjuangan Sorai dan Inaba menjalani pekerjaan yang pada awalnya tidak mereka inginkan itu? Dan bagaimana dengan kelanjutan hubungan mereka? Silahkan ditonton dorama sepanjang 11 episode ini  ^_^



Soratobu Kouhoushitsu ditayangkan di TBS Jepang mulai tanggal 14 April sampai 23 Juni 2013. Pas awal episode pertama, sebenernya saya agak males nontonnya karena banyak istilah-istilah militer yang ga familiar, tapi setelah diikutin ternyata seru kok, kita bisa memperoleh gambaran tentang kehidupan para staff yang bekerja di JASDF, beserta pesawat-pesawatnya yang cukup banyak ditampilkan disini, dan tentu saja kelanjutan hubungan Sorai dan Inaba yang bikin penasaran..hehe... Selain itu, tingkah laku para staff Public Relations dengan sifatnya masing-masing menjadi humor dalam dorama ini. Lagu "Contrail" nya Namie Amuro juga pas menjadi theme song dorama ini.



You May Also Like

0 komentar