Kumpulan Diary

by - Mei 30, 2013

Saya bukan tipe orang yang rajin nulis diary alias buku harian, yah paling nulis sesekali aja sih, terutama kalo lagi galau..hehe...hari gini masih galau??nulisnya juga ga selalu di buku, kadang di komputer juga. Tapi, menulis gitu membawa dampak positif, yaitu bisa menurunkan ketegangan, yah kalo ga bisa cerita sama orang, ya ceritanya lewat tulisan dong.
Pertama punya diary, kayaknya waktu SD dulu, waktu itu yang lagi trend adalah kita punya diary dengan desain yang lucu-lucu, trus minta temen-temen buat ngisi buku itu, yang ditulis biasanya adalah biodata pribadi dengan gaya tulisan alay ala anak SD (meskipun sekarang saya bilang alay, tapi dulu saya merasa itu keren). Misalnya diawal biodata ditulisi "hai, numpang buang tinta yach, perkenalkan nama saya.....kelas.......sekolah......" padahal ga perlu ditulis juga udah tau kali, dan diakhir biodata diakhiri dengan pantun "burung irian burung cendrawasih, cukup sekian dan terimakasih", atau "empat kali empat enam belas, sempat tak sempat harus dibalas", padahal mau dibalas apa coba??tapi sudahlah, anggap saja itu bagian dari masa SD yang penuh warna...hehe....
Waktu SMP, barulah mulai menulis diary yang sebenarnya, alias curhat kehidupan sehari-hari. Jadi saya pernah dapet hadiah buku diary waktu menang lomba cerdas cermat (pamer), ya sudahlah diary nya saya pake curhat dan disimpen di lemari baju biar aman, malahan diary nya saya selipin di baju-baju saking parnonya kalo ada yang baca (padahal siapa juga yang mau baca, kayaknya yang tau saya punya diary ya cuma saya doang).
Waktu SMA, saya mulai rajin nulis diary,pas rajin-rajinnya sih waktu kelas 3, soalnya ada yang bilang kalo nulis diary itu bagus, biar ntar bisa dibaca dan dikenang di kemudian hari. Nulisnya pun niat banget waktu itu, hampir tiap hari dan tulisannya diusahakan serapi mungkin. Tapi sebenernya, kalo sekarang saya baca diary saya waktu itu, rasanya jadi malu sendiri sih...ya biasalah isinya curhat remaja labil, tentang nilai ulangan yang jelek mulu, galau mau dibagi rapot, bingung mau kuliah dimana, sebel sama temen, dan cerita romance yang garing..hehe...
Waktu kuliah, udah ga kaku lagi kayak pas SMA, yang nulis diary aja harus rapi, pokoknya lebih spontan aja, apa yang terpikir ya itu yang ditulis, mau tulisan berantakan juga ga masalah, Dan, saya pun memiliki buku diary yang sering saya baca berkali-kali.
Jadi ceritanya, waktu lagi nyusun skripsi, saya merasa kehidupan saya begitu-begitu aja. Ya iyalah namanya juga nyusun skripsi pasti gaulnya sering di perpus, kalo malem begadang ngetik (sambil diselingi nonton video koleksi di komputer), udah jarang ketemu temen, trus mikirin revisi-revisi, dll. Suatu hari, saya maen-maen ke Gramedia trus nemu buku tulis impor yang covernya lucu-lucu, ternyata buku tulis itu impor dari korea, merk nya morning glory. Saat itu, saya terpikir untuk menuliskan pengalaman-pengalaman saya yang berkesan di buku tersebut, jadilah saya beli buku tulis yang unyu itu. Harganya lumayan mahal, 1 pak isi 5 buku, sekitar 30 ribu. Dan, mulailah saya menulis di buku itu, isinya macem-macem, ada cerita waktu menang lomba cerdas cermat pas SD, cerita ikut bimbel yang siswanya 60 orang 1 kelas, ikut SPMB, ikut MOS, ikutan kursus, sampe kesan-kesan pas abis nonton film juga ada. Pokoknya, di buku itu saya berusaha menulis dengan jujur, ga mikir susunan kata, kerapian tulisan, dll. Kalo liat buku-buku dengan cover yang unyu itu, rasanya seneng aja, karena dengan menulis kan berarti kita udah menghasilkan suatu karya. Semua orang bisa nulis, tapi ga semua orang mau meluangkan waktunya buat menulis. Dan lebih seneng lagi kalo udah baca buku-buku itu, karena saya jadi ingat kembali bahwa hidup saya ini ga garing dan banyak hal-hal baik yang telah saya alami selama ini.

No writing has any real value which is not the expression of genuine thought and feeling- Eleanor Roosevelt

You May Also Like

0 komentar