Amaama to Inazuma (Sweetness and Lightning)

by - Oktober 08, 2016

Anime Amaama to Inazuma ditayangkan sebanyak 12 episode mulai bulan Juli sampai September 2016. Anime ini diangkat dari manga Amaama to Inazuma karya Gido Amagakure, dan bergenre slice of life yang mana pesan-pesannya disampaikan melalui masakan.


Inuzuka Kouhei adalah seorang guru SMA. Enam bulan yang lalu, istrinya meninggal dunia sehingga ia harus sendiri membesarkan putrinya yang masih TK, Inuzuka Tsumugi. Tsumugi sendiri walaupun masih kecil adalah anak yang baik dan mengerti perjuangan ayahnya yang harus bekerja sambil merawatnya.Untuk sehari-hari, Inuzuka-sensei biasa menyediakan makanan siap saji untuk Tsumugi. Karena selain lebih praktis, ia juga tidak pandai memasak.


Tapi,Tsumugi sepertinya ingin juga makan masakan buatan rumah. Suatu malam, Inuzuka-sensei membawa Tsumugi untuk makan di restoran "Megumi". Restoran itu adalah milik Iida Megumi, seorang chef yang sering tampil di televisi. Namun sesampainya disana, ternyata restoran itu sedang tutup karena sang pemilik sedang tidak ada di tempat. Di restoran itu hanya ada Iida Kotori, anak pemilik restoran dan juga murid Inuzuka-sensei di sekolah. Melihat Tsumugi yang sangat ingin makan makanan enak, Kotori pun memasak nasi untuk mereka. Nasi tersebut tidak dimasak di rice cooker, tapi dimasak di panci tanah liat. Walaupun hanya nasi, Tsumugi terlihat begitu senang karena Kotori bilang bahwa nasinya sangat enak, dan juga ia bisa makan bersama ayahnya. Akhirnya, nasi pun matang dan mereka makan bersama dan nasinya memang enak. Tsumugi sangat senang saat makan nasi tersebut. Inuzuka-sensei menjadi terharu melihatnya dan berjanji mulai sekarang ia akan berusaha membuatkan makanan yang enak untuk Tsumugi.


Kotori, yang sering makan sendirian, kemudian meminta Inuzuka-sensei dan Tsumugi untuk sesekali memasak dan makan bersamanya di restoran tersebut. Restoran itu sering tutup karena ibunya sibuk bekerja sebagai chef di acara televisi. Mereka pun akhirnya sepakat untuk memasak dan makan bersama di restoran itu. Sebelum memasak, Kotori biasanya menanyakan resepnya kepada sang ibu. Terkadang mereka juga mengajak Kojika Shinobu, teman Kotori yang keluarganya memiliki toko sayuran, serta Yagi Yusuke, teman sekolah Inuzuka-sensei yang pandai memasak karena bekerja di sebuah restoran.


Setiap episode anime ini menampilkan masakan yang biasanya ada cerita dibaliknya. Genre anime ini lebih ke slice of life daripada cooking, karena itu masakan yang ditampilkan disini adalah menu sehari-hari dan sederhana. Inuzuka-sensei dan Kotori pun baru belajar memasak, makanya masakannya ga terlihat spektakuler seperti di anime cooking. Reaksi mereka saat makan juga normal-normal aja, ga sampe terbang ke awang-awang...hohoho.... 


Anime ini lebih menekankan kepada hubungan ayah dan anak antara Inuzuka-sensei dan Tsumugi, yang seringkali membuat terharu. Tsumugi disini adalah anak yang baik, dan mengerti kondisi ayahnya yang menjadi orang tua tunggal setelah kepergian ibunya. Tapi kadang saya berpikir apa iya kenyataannya anak TK bisa bersikap sedewasa itu...hehehe... Meskipun begitu, Tsumugi kadang rewel dan menangis juga kok. Dan suaranya Tsumugi lucuu... Teman-teman Tsumugi di TK juga lucu. Buat yang lagi pengen nonton anime yang heartwarming, Amaama to Inazuma bisa jadi pilihan.


You May Also Like

0 komentar