All Roads Lead to Rome

by - Januari 31, 2013

Banyak jalan menuju Roma.

Pepatah ini biasa dipakai untuk menyatakan bahwa banyak cara yang bisa ditempuh untuk mencapai suatu tujuan. Lalu, kenapa Roma? 


Ternyata, pepatah ini memang didasarkan pada fakta sejarah. Kenyataannya, semua jalan, pada suatu masa, memang menuju ke Roma. Pada masa kerajaan Romawi, semua orang tahu bahwa Roma merupakan pusat kehidupan. Semua jalan di masa Kerajaan Romawi memang mengarah ke Roma, baik secara langsung ataupun terhubung ke salah satu jalan utama yang mengarah langsung ke Roma.

Struktur jalan di Roma pada masa Romawi Kuno merupakan salah satu teknik terbaik saat itu. Lebih dari 50.000 mil jalan beraspal menyebar dari pusat kota Roma. Pada awalnya, struktur jalan seperti ini ditujukan untuk memfasilitasi pergerakan para prajurit di seluruh kerajaan. Namun, kemudian jalan itu juga digunakan oleh warga sipil untuk berbagai tujuan. Adanya jalan tersebut juga meningkatkan aktivitas perdagangan.

All roads lead to Rome.
Pepatah ini mengingatkan kita untuk tidak berputus asa dalam mendapatkan apa yang diinginkan. Banyak cara untuk mencapai tujuan kita. So, kalau belum berhasil dengan satu cara, jangan menyerah untuk mencari jalan yang lain.

Tutte le strade portano a Roma!

Sumber : http://voices.yahoo.com/historical-origin-all-roads-lead-rome-5443183.html
               http://library.thinkquest.org/13406/rr/
               gambar dari : www.historybyzim.com

You May Also Like

2 komentar