Makna dibalik "Ganbatte!"

by - Oktober 04, 2011

Dalam anime atau drama Jepang, kita seringkali mendengar ungkapan “Ganbatte kudasai!”. Kata tersebut adalah ungkapan motivasi yang sering diucapkan oleh orang Jepang. Ganbatte sendiri berasal dari kata ganbaru yang artinya berusaha. Biasanya, ungkapan “Ganbatte” digunakan untuk menyemangati orang yang sedang berjuang. Kurang lebih maknanya adalah teruslah berusaha sampai tujuan tercapai. Ternyata, “Ganbatte” memiliki makna yang begitu besar. Melalui buku GANBATTE! – Meneladani Karakter Tangguh Bangsa Jepang ini, A.A. Azhari mengajak kita untuk mengkaji lebih dalam mengenai makna tersebut.
Buku ini dibagi dalam 4 bagian. Bagian pertama membahas tentang sejarah Jepang, mulai dari Restorasi Meiji, kemenangan Jepang atas Rusia pada tahun 1905, serta sepak terjang Jepang dalam Perang Dunia II. Dalam bagian ini, kita dapat mengetahui bahwa semangat juang bangsa Jepang sudah terbentuk sejak dahulu.
Seperti yang kita ketahui, Jepang merupakan negara yang rawan bencana alam, terutama gempa bumi dan tsunami. Namun, Jepang juga dikenal sebagai negara yang sigap menghadapi bencana alam. Dalam bagian kedua buku ini, yang berjudul “Negeri yang Akrab dengan Bencana”, kita dapat memahami bahwa kondisi tersebut tidak menjadikan bangsa Jepang bermental ciut dan mudah putus asa, namun justru membentuk persatuan dan solidaritas.
Apa rahasia kesuksesan perusahaan-perusahaan besar Jepang, seperti Panasonic, Sony, Toyota, serta Honda? Bagian ketiga buku ini akan membahas lebih dalam mengenai bagaimana produk-produk made in Japan menjadi produk yang dicari banyak orang di seluruh dunia. Selanjutnya, dalam bagian keempat, kita akan mengetahui bagaimana semangat “Ganbatte” diterapkan dalam kehidupan sehari-hari bangsa Jepang.
Secara keseluruhan, buku ini mengajak kita untuk belajar dari bangsa Jepang. Meskipun mereka merupakan negara yang kalah dalam Perang Dunia II, bahkan sempat dijatuhi bom atom oleh sekutu, namun Jepang dapat bangkit dari keterpurukan dan kini menjadi negara yang maju. Hal ini ternyata didukung oleh semangat “Ganbatte” tersebut, dimana kerja keras, ketekunan, serta semangat belajar yang tinggi memegang peranan penting dalam membangun suatu bangsa.
Dalam berbagai manga, anime, ataupun dorama Jepang, kita mendapat gambaran bahwa bangsa Jepang memiliki semangat kerja keras yang tinggi. Buku ini membahas lebih dalam tentang semangat, yang seringkali diungkapkan dengan “Ganbatte!” tersebut. So, buat yang suka dengan anime, manga, drama, musik Jepang, dan hal-hal tentang Jepang lainnya, silahkan dibaca bukunya ^^.

You May Also Like

2 komentar